Masya Allah Inilah 10 Macam Dosa Besar Menurut Islam

Dalam Islam segala sesuatunya diatur dalam sebuah pedoman, yakni Al-Qur'an dan hadits termasuk 10 macam dosa besar menurut Islam. Setiap apa yang kita lakukan memiliki dampak terhadap apa yang akan kita dapatkan. Pahala akan kita dapatkan jika kita berbuat baik dan dosa akan kita dapatkan jika kita berbuat buruk. Namun, ada juga dosa yang kecil dan dosa besar.

Inilah 10 Macam Dosa Besar Menurut Islam

1. Menyekutukan Allah (Syirik) 
Dosa besar yang paling utama adalah syirik. Dalam Al-Qur'an juga sudah dijelaskan bahwa tiada Tuhan selain Allah. Allah adalah satu-satunya dzat yang paling pantas untuk disembah. Dia ialah Maha Segalanya. Berkat rahmat-Nya kita dapat hidup di dunia yang indah ini. Oleh karena itu, Syirik termasuk dalam 10 dosa besar menurut al quran.

2. Durhaka pada orang tua 
Kita lahir dari seorang ibu yang rela mengorbankan nyawanya demi seorang anak. Ayah juga rela membanting tulang untuk menghidupi keluarganya. Mereka mendidik, membimbing, dan mengasihi anaknya dengan hati yang tulus. Oleh karena itu, jika kita berbuat durhaka pada orang tua berarti kita menganiaya makhluk Tuhan yang mulia tersebut.

3. Berzina 
Perkembangan zaman membuat pergaulan semakin bebas. Sehingga banyak orang yang melakukan zina tanpa rasa malu. Padahal dalam Al-Qur'an sudah dijelaskan bahwa Zina adalah salah satu perbuatan dosa besar karena akan mendatangkan banyak madharat bagi pelaku dan anak hasil zina.

4. Makan harta anak yatim piatu
Dalam Al-Qur'an telah dijelaskan bahwa sebagian dari harta kita adalah milik anak yatim piatu. Jika kita tidak memberikan hak mereka sebagaimana mestinya, kita akan mendapat balasan dari Allah berupa dosa besar.

5. Menuduh wanita shalehah berzina 
Allah melihat baik tidaknya seseorang dari amal ibadahnya. Wanita yang shalehah memiliki sifat dan perilaku yang mulia. Ia melakukan apa yang diperintah dan dilarang-Nya. Jika ada seseorang yang menuduhnya berbuat zina tanpa bukti yang jelas berarti ia menghina makhluk mulia ini. Inilah 10 dosa besar dalam islam.

6. Putus asa atas rahmat Allah 
Allah sang Maha Pemurah. Dia memberikan segala rahmat dan karunia-Nya untuk umat manusia. Jika seseorang berputus asa, berarti ia tidak mengakui adanya rahmat Allah. Karena sesungguhnya, Allah tidak akan memberikan suatu cobaan melampaui kemampuan umat-Nya.

7. Merasa aman atas ancaman Allah 
Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa ataupun kesalahan. Sehingga tidak ada manusia yang hidup tanpa adanya teguran dari Allah. Orang yang baik sekalipun, ia akan menerima sebuah ujian atau cobaan di hidupnya. Oleh karena itu, orang yang merasa aman atas ancaman Allah maka ia tidak mengakui akan kekuasaan-Nya.

8. Membunuh 
Salah satu hak makhluk hidup yang paling utama adalah hak untuk hidup. Setiap manusia memiliki takdir atau waktunya meninggalnya masing-masing. Jika seseorang membunuh orang lain berarti ia telah mendahului kehendak Allah dan merampas hak hidup orang tersebut. Selain itu, dampak dari meninggalnya orang tersebut dapat membuat kehidupan keluarganya bersedih, menderita dan lain sebagainya. Sehingga banyak orang yang akan tersiksa dengan perbuatan membunuh itu.

9. Makan harta riba 
Pengertian dosa besar dalam islam ini,termasuk makan harta riba. Untuk hidup kita harus berniaga agar mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Allah telah memberikan banyak peluang atau pilihan untuk kita mencari rezeki. Jika kita melakukan riba dalam perniagaan, maka dosa besar akan diberikan oleh Allah kepada kita.

10. Lari dari jihad 
Sebagai seorang muslim, kita harus menjaga dan membela agama jika ada orang lain yang merendahkan atau bahkan melecehkan agama kita. Oleh karena itu, jika terjadi peperangan maka kita diharuskan ikut dalam berjihad. Apabila kita lari dari perang itu maka Allah akan memberikan dosa besar pada kita sebagai balasannya sebagai salah satu dari 10 macam dosa besar menurut Islam.