==> Pacaran VS Komitmen <==


tribunnewsindo -  Apa sih bedanya Pacaran dan Komitmen?
Akhir-akhir ini banyak banget teman yang nggak ngaku kalau lagi pacaran, tapi mereka berkomitmen.
"Kita nggak pacaran, tapi berkomitmen."

Sekelebat timbul rasa penasaran, emangnya pacaran sama komitmen itu beda ya?? Lalu bagaimana pendapat orang tentang ini ya? Disini ini nih, aku rangkum beberapa pendapat guru, keluarga, dan kawan kita tentang Pacaran VS Komitmen. tentu ada pro dan kontra di dalamnya, tapi sebagian besar setuju bahwa komitmen lebih aman dari pacaran. Iyakah?? *berpikirkeras

Pacaran VS Komitmen menurut Chevita Ayu Ramadhani
"aku ga ikut-ikutan aja kalo masalah pacaran vs komitmen,,,, ga ada bayangan ga ada pikiran tentang itu... belas blank.... lagi ga mau berfikir keras"

tumben banget Chevita begini :D

Pacaran VS Komitmen menurut Aprilia Dina Fitriani
"inti nya pacaran itu status. komitmen itu janji"

Pacaran VS Komitmen menurut Viki Neila Rahma
"bedanya kalau komitmen itu TER-KE-SAN lebih islami dan tidak melanggar aturan agama daripada pacaran."

Pacaran VS Komitmen menurut Mister (Mas) Tofa
"Ya jelas bedalah. Komitmen itu berpegang teguh, kalau pacaran itu menjalin hubungan kasih sayang. Kalau berkomitmen tapi gag pacaran sih, nggak masalah, tapi harus ada keterangannya. Keterangan yang pokoknya bisa ngeyakinin, misalnya gini  "aku hanya untuk kamu dan aku akan setia menunggu sampai waktunya tiba". Tapi, kalau gag jelas, gag usah dilakuin yang komitmen gini kan sama aja gantung, nggak jelas gitu jadinya."

Pacaran VS Komitmen menurut Ryuzaki Ando (Handoko)
"Komitmen itu PHP"

pacaran nggak PHP juga kah?? *berpikirkeras

Pacaran VS Komitmen menurut Mas Agung Marjuni (Ketua DKI KEMA 2013)
"Ya beda adek. Kalau pacaran pastinya kita terikat, kalau komitmen sih istilahnya kita memberi kebebasan. Tapi komitmen bisa rusak kalau salah satunya gag kuat komitmennya. Dan pacaran pasti ada sakit hatinya"

Pacaran VS Komitmen menurut Aa' Alam Syah (Syamil)
"Keduanya harus jalan bareng-breng donk. Pacaran tanpa  komitmen nggak jamin hubungan bisa bertahan."

Pacaran VS Komitmen menurut Mas Irwan
"Lebih bagus berkomitmenlah dari pada pacaran. Cewek yang biasanya nggak mau pacaran tu, lebih milih berkomitmen. Mereka nggak mau rugi, mau menjaga kehormatannya. Karena dengan status pacaran itu biasanya cenderung apa gitu x_x Samanya,  keduanya didasari rasa suka, sayang, dan setia itu dinilai dari bagaimana mempertahankannya. Pacaran itu tak bagos. Nikah aje."

Pacaran VS Komitmen menurut Bu Pangastuti
"Menurutku bagus, kan agamis. Hehehe... Meragukan komitmen-komitmen itu ya?"

pesan lain dari Bu Tuti : Jangan lama-lama status bebas merdeka rayanya. Kalau teori ku semester 6 itu harus udah 'tenanan'. Kalau semester 1-5 lihat-lihat atau temanan dulu gag papa. Hehehehe...

Pacaran VS Komitmen menurut Kak Uus
"Menurut kakak, di dalam sebuah Islam tu kan tak ada kata pacaran. Tapi yang ada hanya ta'aruf, berarti perkenalan, masa penjajakan. Kadang seseorang berkomitmen -aku hanya bisa mengucapkan cinta ketika ku melamarmu. Sayang tak perlu diucapkan tapi bisa dirasakan. Gimana orang perhatian, khawatir waktu kita sakit- ada juga yang -aku mencintaimu, sayang, suka, aku ingin memacarimu, tapi ketika kita udah menikah. Karena indahnya pacaran itu setelah menikah- Terkadang orang pacaran juga ada komitmen, tapi komitmennya aneh. Berpacarankan bukan memiliki semuanya, meluangkan waktu banyak, harus dengerin apa yang diomongin, ribet."

Pacaran VS Komitmen menurut Mas Mudzakir 
"Komitmen is a good idea. Bisa jadi solusi untuk menghindari bahaya pacaran Vin. Kalau berkomitmen, nggak perlu sering ketemu, jalan, dsb. Bisa jadi pilihan dan LDR tepat untuk melindungi komitmen nya Vin. Tapi kalauyang di komitmeni nggak balas, jatuhnya sama juga sih. Hehehehe"

Pacaran VS Komitmen menururt Kak Agustin
"Pacaran itu kesendirian tapi dibungkus. Org org yg pacaran cenderung merasa bhwa aku miliknya dan dia milikku, tidak ada ruang untuk org lain. Pacaran itu ribet, banyak ruginya daripada untungnya. Nah, kalo komitmen menurut kk lebih baik dri pacaran. Mereka berkomitmen utk saling menjaga hati masing masing tanpa perlu pasang status. Mereka membiarkan hati dan perasaan yg bermain. Mereka membiarkan tangan Tuhan yg berkerja. Mereka membiarkan semua berjalan dg semestinya"

Pacaran VS Komitmen menurut Bik Wiwik Sri Hidayah
"Kalau bibik lah, dari pandangan kacamata Islam, tak ada istilah komitmen sebelum menikah. Itu anak muda aja yang memalingkan istilah pacaran jadi komitmen. Pada dasarnya mereka berkomitmen meletakkan seorang lawan jenis di hati mereka lebih dari orang lain. Sama kan dengan pacaran? Yang pasti Allah melarang mencintai sebelum menikah, dose. Karena hanya suami/istri yang wajib kita cintai, In sya Allah pahala. Komitmen dan pacaran sebelum nikah tu same aje Vin, same same tak memberi kesempatan orang lain buat mengenal kita."

Pacaran VS Komitmen menurut Vina Naila Karimah
Sejujurnya sebelum aku menanyakan tentang Pacaran VS Komitmen pada para istimewa di atas, aku udah punya pandangan sendiri tentang Pacaran VS Komitmen. Apa aja??

1. Sama-sama janji bakal saling sayang, saling jaga kepercayaan, dan saling jaga kesetiaan.
2. Sama-sama menimbulkan sakit hati, kalau si pasangan nggak bisa jaga hatinya.
3. Kalau udah nggak komitmen/pacaran namanya sama-sama putus kah? Terus sama-sama mantan kah panggilannya?
4. Ada fatwa pacaran sebelum menikah, haram. Komitmen belum denger sih.
5. Katanya lebih kelihatan serius kalau komitmen daripada pacaran
6. Kalau di facebook statusnya kan adanya berpacaran dengan, nggak ada yangberkomitmen dengan ( haha. kidding)

Ya, kesimpulan dari Pacaran VS Komitmen bisa teman-teman ambil sendiri :) Apakah sama atau beda, mau menjalani yang mana, terserah...
Kalau aku?
Aku memilih buat sendiri dulu, bebas merdeka raya, nggak terikat apapun, pacaran atau komitmen. Mau mencari dan mengenal teman sebanyak-banyaknya :') Hehehe..

Terakhir, terimakasih banyak buat Bu Tuti, Bik Wiwik, dan teman-teman yang udah sharing pendapatnya. :)

Maaf buat yang lagi pacaran atau komitmen, nggak maksud menyinggung apalagi menyentil, cuma sharing pendapat :D

Oh ya, yang mau kasi pendapat tentang Pacaran VS Komitmen lagi, diterima dengan senang hati loh...
Semoga bermanfaat :)


sumber : https://goo.gl/0Ww72w


Baca juga :